Apa saja metode optimasi konten Instagram, jenis-jenisnya, dan jasa apa yang ditawarkan? 

Instagram adalah media sosial yang populer hingga saat ini. Hampir seluruh lapisan masyarakat mengetahui apa itu instagram, dan tentu saja punya minimal satu akun. Menurut statistik yang dihimpun oleh www.statista.com, pengguna aktif Instagram di tahun 2020 mencapai 850 juta orang dari seluruh belahan dunia. Jumlah ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Fungsi dari Instagram itu sendiri sudah mulai melebar, dari media sosial yang digunakan untuk membagikan keseharian Anda kepada para pengikut, hingga menjadi ajang para selebgam (Selebtiris Instagram) atau influencers untuk berlomba mengumpulkan pengikut sebanyak-banyaknya, sehingga para online shop meminta influencers ini untuk mengiklankan dagangannya. 

Selain apa yang sudah disebutkan di atas, Instagram juga menjadi media sosial paling umum untuk berjualan produk Anda. Maka dari itu banyak jalan untuk dapat melakukan optimasi akun Instagram Anda. Salah satunya adalah melalui konten. Konten adalah materi-materi yang diunggah ke halaman Instagram Anda. Agar strategi berjualan Anda di Instagram berjalan optimal, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti berikut ini: 

1) Atur halaman profil Anda sehingga tertata rapi dan informatif 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan optimasi konten Instagram, adalah melakukan penataan pada halaman profil Anda. Mulai dari yang paling dasar, seperti apa benda yang Anda jual atau jasa yang Anda tawarkan, nomor kontak Anda, alamat toko, dan lain-lain. Produk yang informatif akan menarik banyak konsumen, dan tentu saja mempermudah dalam menghubungi Anda. 

2) Mengatur akun Instagram anda menjadi akun bisnis 

Mengubah pengaturan menjadi akun bisnis akan membantu Anda mengetahui statistik penting untuk optimasi akun, seperti berapa orang yang membuka Instagram Anda, atau mengetahui berapa orang yang melihat unggahan Anda. Selain itu, mengetahui statistik dari

Instagram juga berguna untuk menganalisa performa unggahan Anda di Instagram, kemudian anda bisa menggunakan data tersebut untuk melakukan evaluasi. Untuk mengubah pengaturan tersebut, Anda bisa membuka kolom pengaturan di Instagram Anda, dan di menu pengaturan akun, Anda bisa menemukan tombol untuk mengubahnya. 

3) Sertakan kata kunci produk di nama atau username 

Cara ini digunakan agar akun anda mudah ditemukan oleh calon konsumen. Saat calon konsumen ingin mencari informasi tentang sebuah produk, mereka akan mencari di Internet. Salah satunya adalah media sosial Instagram. Ketika produk yang mereka cari diketik di kolom pencarian, maka akun Instagram Anda mungkin muncul di antaranya. Contohnya, jika Anda menjual rangkaian bunga, dan berlokasi di Kota Malang, maka Anda bisa membuat nama akun seperti @rangkaianbunga_Malang. 

4) Kreasikan konten Anda 

Ketika bicara iklan, maka akan terlintas iklan dengan berbagai macam bentuk. Dari sekadar foto produk, desain grafis, atau video. Dengan mengunggah berbagai macam bentuk iklan, maka Instagram akan terlihat ramai dan menarik. Tentu saja Anda harus membuat iklan-iklan tersebut relevan dengan produk Anda. 

Jenis-Jenis Konten Instagram 

 

Ada beberapa jenis konten Instagram yang dapat Anda unggah untuk mengisi feeds Instagram Anda, seperti berikut ini: 

1) Foto 

Foto adalah konsep dasar dari Instagram. Kebanyakan orang mengunggah foto mereka sendiri atau orang lain. Anda dapat menunggah produk Anda sendiri dengan menyertakan harga dan kontak yang dapat dihubungi

2) Video 

Video adalah media yang umum untuk beriklan. Anda dapat menyunting video Anda sendiri dan menunggahnya ke Instagram. Mayoritas konsumen juga menyukai konten video, karena lebih efektif dan informatif. Salah satu penggunaan efektif media ini adalah, Anda dapat menunjukkan cara menggunakan produk anda di dalam sebuah video. Selain itu, Anda juga dapat mengunggah video tanpa suara di Instagram, karena suara adalah pilihan opsional di Instagram video. 

3) Instagram Stories 

Instagram stories adalah salah satu fitur paling fleksibel di Instagram. Fitur ini bisa mengunggah foto maupun video selama 15 detik, kemudian Anda dapat menggabungkan berbagai foto dan video menjadi satu kombinasi tanpa ada batasan waktu. Anda juga dapat melakukan siaran langsung (live broadcast) jika sedang mengadakan kegiatan atau acara yang tak dapat diulang. Terlebih jika akun Instagram anda adalah akun yang terverifikasi (Akun dengan tanda centang biru dari Instagram) atau jika Anda sudah mempunyai pengikut dengan jumlah tertentu, Anda dapat menyertakan tautan di stories. Tautan yang ada di stories sudah terbukti lebih efektif daripada unggahan biasa. 

Jasa Optimasi Instagram 

Belakangan ini, Instagram sudah menjadi tempat favorit untuk melakukan transaksi jual beli secara daring. Maka dari itu, banyak penjual yang memilih untuk mengiklankan produknya di Instagram. Meskipun terdengar mudah, tetapi melakukan optimasi Instagram membutuhkan strategi tertentu. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengoptimalkan Instagram Anda, Dynamic Indonesia adalah salah satu solusinya. Dynamic Indonesia adalah agensi yang bergerak di bidang digital branding dan marketing. Salah satu fokus terbesar Dynamic Indonesia adalah Instagram sebagai media digital branding. Dengan harga yang terbilang rendah, Anda akan kami bantu untuk memaksimalkan potensi Instagram Anda. Produk anda akan di-branding sedemikian rupa agar menarik para konsumen, dengan harapan akan menaikkan jumlah penjualan Anda. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi mengenai strategi apa yang dapat diambil untuk menjangkau sasaran pasar. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai Dynamic Indonesia di website www.dynamicindonesia.com atau dapat hubungi e-mail dynamicmarketingnow@gmail.com.

saulo-mohana-D_kOW7iHNnw-unsplash.jpg