Simak 4 tips untuk membantu mengembangkan skill marketin

Kemampuan dalam marketing sangat dibutuhkan dalam mencapai target usaha yang sedang dibangun pelaku usaha. Berbagai upaya yang dilakukan tidak akan banyak memberikan value jika tanpa strategi atau perencanaan yang matang. Dalam membangun usaha tentu kita membutuhkan banyak team yang solid dengan kemampuan yang mumpuni dalam menjalani bisnis. Tidak hanya mampu namun team juga membutuhkan bimbingan yang intens dengan jobdesk yang sesuai. 

Berikut ini beberapa tips mengenai bagaimana cara mengembangkan skill dalam marketing bagi pelaku usaha maupun bagi Anda yang saat ini bekerja dibagian marketing bisnis.

  1. Kemampuan Storytelling

Seorang yang bekerja dibagian marketing atau bisa disebut Pemarketing. Seorang Pemarketing yang baik adalah mereka yang dapat menjelaskan kepada konsumen seolah-olah sedang bercerita. Penyampaian yang ringan namun tepat dalam menjelaskan point-point penting dari usaha sangat penting, agar konsumen paham apa yang sedang kita tawarkan.

  • Menentukan prioritas

Tim marketing sebelum terjun kepada pelanggan tentu harus menentukan apa yang menjadi prioritasnya. Prioritas atas konten yang bagus tentu memiliki nilai awareness, sales dan memberikan trustable. Konten maupun produk yang diproduksi harus disuarakan kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan agar membeli produk yang kita pasarkan. Ketika dapat menentukan prioritas dari produk maka kita tidak akan mudah tergiur dengan bisnis jualan musiman.

  • Melakukan kolaborasi

Kolaborasi sangat dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis. Hal ini bertujuan agar terus memproduksi ide ataupun alternatif baru untuk mengembangkan bisnis. Bentuk kolaborasi yang dilakukan sangat penting untuk menemukan ide baru dalam bisnis Anda.

Selain itu, kolaborasi juga dapat menambah insight media sosial bisnis Anda. Kolaborasi dalam hal sales atau penjualan produk juga penting untuk memperluas pasar dari bisnis Anda.

  • Learning from other people

Ketika manusia dilahirkan ke bumi, hal pertama yang kita lakukan adalah belajar, belajar berbicara dan belajar melakukan sesuatu. Hal ini juga yang harus dilakukan ketika Anda menjalani usaha. Bagaimana belajar bisnis ?. Saat ini banyak sumber yang dapat Anda peroleh baik berupa text atau dari orang lain. Seorang marketer harus memiliki jiwa ingin belajar dan terus belajar. Belajar dari konsumen dengan menanyakan apa yang menjadi kekurangan dari bisnis yang kita jalani sangat penting, atau belajar dari brand lain dari bisnis kita. 

Screenshot_35.png