Marketing Bisnis Bagi Pemula Bukan Jualan Musiman

Dewasa kini kerap muncul fenomena yang biasa dikenal “jualan makanan dan minuman musiman”. Hal inilah yang membedakan seorang entrepreneur dengan pengusaha biasa. Seorang entrepreneur memikirkan dengan matang konsep dan bagaimana usaha yang hendak Ia lakoni. Nah berikut ini salah satu strategi marketing bisnis yang bisa Anda praktekkan sebagai seorang pemula.

 

  • Mengenali Pelanggan Usaha Anda

Ketika memulai bisnis hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah target usaha Anda. Pasar yang luas dan lebih spesifik akan memberikan dampak panjang bagi bisnis yang akan Anda lakoni.

Pelanggan usaha meliputi jenis kelamin, usia, wilayah, dan profesi. Misalnya mengenai profesi seorang pelanggan, ketika Anda menargetkan bisnis Anda kepada para pekerja kantor maka Anda harus memahami apa saja yang menjadi kebutuhan seseorang ketika Ia disibukkan dengan pekerjaan.

 

  • Promosi Produk yang Masif

Setelah menentukan produk dan menargetkan pelanggan, selanjutnya Anda sebagai pelaku bisnis harus melakukan promosi produk yang masif. Pentingnya promosi produk secara masif yaitu agar banyak orang tertarik untuk mengenali dan mencoba usaha anda. Tak jarang seorang pelaku bisnis ketika grand opening memberikan banyak pilihan diskon, hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan.

 

  • Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Seorang konsumen tentu membutuhkan pelayanan yang baik dari apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, menjalin komunikasi yang baik kepada konsumen sangat penting untuk dilakukan.

Seorang konsumen akan merasakan emosi yang lebih ketika kita sering melakukan komunikasi baik via telepon  maupun pesan daring. Salah satu contohnya yaitu melakukan interaksi tanya jawab, meminta testimoni dan kuis melalui media sosial. Keuntungan lainnya dari menjalin komunikasi dengan konsumen yaitu Anda dapat mengetahui kekurangan dan beberapa hal yang perlu dari pelayanan bisnis yang Anda lakoni.

 

  • Digital Marketing untuk Membantu Branding dan Konten

Beberapa tips diatas mungkin akan sulit bagi seseorang yang baru memulai bisnis, nah oleh sebab itu saat ini strategi marketing dan branding sering terbantu dengan berbagai tawaran kerjasama dengan agensi yang berfokus dengan digital brand dan marketing. Salah satunya Dynamic Indonesia, sebuah perusahaan yang sudah mendampingi puluhan brand untuk mempromosikan usaha mereka melalui digital marketing sosial media. 

Food Pick Up