9 Ide Konten Instagram untuk Akun Bisnis

Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling sering digunakan untuk membuat akun bisnis. Maraknya akun bisnis di Instagram membuat Anda perlu melakukan optimasi konten instagram supaya akun bisnis Anda menonjol dibanding yang lain dan dilirik oleh banyak audiens. Namun tentu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis konten instagram seperti apa yang akan efektif untuk mempromosikan usaha anda. Sebelum beranjak ke jenis-jenis konten yang dapat mengoptimasi akun instagram bisnis Anda, hal yang perlu Anda ketahui adalah seluruh jenis konten tersebut tidak akan berjalan efektif dan optimal apabila Anda tidak konsisten dalam melakukan posting konten. 

Berikut 9 ide konten untuk mengoptimalkan akun bisnis Anda: 

1. Konten behind the scenes 

Untuk memanusiakan brand atau usaha Anda, tunjukan kepada audiens tentang apa saja yang terjadi di kantor Anda. Keterikatan secara emosional akan terbangun dengan membiarkan audiens Anda mengetahui apa yang terjadi di balik layar. Namun perlu diingat, jangan memperlihatkan wajah-wajah lelah dan tampak mengantuk yang ada di kantor Anda. Tunjukkanlah hal-hal lucu dan positif seperti kerja dalam tim, sesi berbagi, fasilitas bersantai di kantor, dan lainnya. 

2. Tutorial 

Audiens Anda akan menyukai apabila Anda memposting sebuah tutorial untuk melakukan sesuatu, akan lebih baik apabila hal tersebut berkaitan dengan bisnis Anda. Buatlah tutorial tersebut dengan bahan dasar yang mudah ditemukan di rumah agar audiens Anda bisa membuat hal tersebut sendiri. 

3. Konten yang dihasilkan pengguna 

Anda tidak harus melakukan seluruh konten sendiri, libatkanlah pengikut dan pengguna produk Anda. Cara yang pasti untuk melibatkan pengikut Anda sambil menunjukkan kepada mereka beberapa penghargaan adalah dengan membagikan konten yang mereka buat sendiri — terutama jika itu menampilkan proyek yang mereka selesaikan dengan menggunakan produk Anda. 

Ini adalah cara efektif untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut dan pengguna Anda. Hal ini juga dapat mendorong pengguna lain untuk membagikan momen mereka saat menggunakan produk Anda. 

4. Gunakan hastag populer 

Sebuah riset yang dilakukan oleh simply measured menunjukkan sebuah fakta menarik tentang pentingnya hashtag di Instagram. “Post yang setidaknya menggunakan 1 hashtag, menjangkau orang 12.6% lebih banyak daripada post yang tidak menggunakan hashtag sama sekali.” Itu artinya, penggunaan hashtag yang tepat membuat konten kita mudah ditemukan, meningkatkan engagement, dan mendatangkan follower baru. Bahkan seringkali mendatangkan penjualan. 

Namun, sebelum menggunakan tagar, ada baiknya untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan tagar apa yang cocok bagi usaha Anda. Cara

optimasi instagram dengan hashtag masih belum banyak yang mengenai sasarannya. Hal ini dikarenakan hashtag yang digunakan tidak sesuai dan terkesan melebih-lebihkan. Anda dapat menggunakan hingga 10 tagar dalam satu post Instagram dengan tagar yang saat ini sedang trending, namun kalau bisa menyesuaikan hastag nya dengan usaha Anda. Hindari menggunakan banyak tagar bahkan hingga 30 tagar, ini hanya akan membuat post Anda tidak akan dilihat audiens.

 

5. Konten kerja sama dengan influencer 

Bekerja sama dengan influencer dapat membantu membangun kredibilitas usaha Anda sembari memaparkan merek Anda kepada audiens baru. Sebuah survei oleh CivicScience menemukan bahwa 19% konsumen Amerika telah melakukan pembelian karena rekomendasi pemberi pengaruh dari influencer. Influencer punya audiensenya sendiri yang mampu mengkampanyekan produk Anda untuk jangkauan follower yang lebih luas. Promosi produk melalui influencer juga memungkinkan memberi tambahan followers bagi akun bisnis Anda. 

6. Konten kolaborasi 

Cara efektif lainnya untuk memperluas jangkauan Instagram Anda dan menumbuhkan pengikut Anda adalah dengan berkolaborasi dengan orang lain, baik melalui kemitraan atau sponsor. Dengan kolaborasi juga Anda bisa memperluas audiens yang memiliki kemungkinan untuk mengikuti akun Anda. Konten kolaborasi bisa berupa instagram takeover, live instagram maupun podcast. 

Dengan adanya konten kolaborasi akan membuat audiens lama Anda memperluas wawasannya. Hal ini juga bisa menghindari konten monoton dari akun bisnis Anda. 

7. Mengadakan kontes atau giveaway 

Akun Instagram yang mengadakan kontes dapat mencapai pertumbuhan pengikut 70% lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak mengadakan kontes. Jadi, jika Anda menginginkan akun Instagram Kontes Instagram juga dapat membantu Anda mencapai lebih banyak keterlibatan. Postingan yang terkait dengan kontes Instagram cenderung memperoleh kira-kira 64x lebih banyak komentar dan 3,5x lebih banyak suka jika dibandingkan dengan konten 'normal'. 

8. Berikan pertanyaan kepada audiens Anda 

Untuk konten harian, Anda bisa melibatkan audiens untuk memberikan pendapatnya melalui question box. Hal ini bisa meningkatkan engagement di akun Anda karena audiens diajak berpartisipasi langsung untuk mengutarakan pendapat. Setelah itu, Anda dapat membagikan jawaban dari audiens agar mereka merasa keterikatan secara emosi dengan akun bisnis Anda. 

9. Berikan list rekomendasi 

Audiens Anda tentu akan senang apabila mendapatkan hal-hal bermanfaat. Anda bisa membuat post instagram yang berisi list rekomendasi dalam hal-hal tertentu, seperti rekomendasi podcast, tempat wisata, akun youtube, dan lainnya.

saulo-mohana-D_kOW7iHNnw-unsplash.jpg