CONTENT MARKETING: STRATEGI EFEKTIF UNTUK BISNIS KAMU!

Istilah Content Marketing sekarang ini bnayak dibicarakan terutama dalam konteks Digital  Marketing. Content marketing dinilai sebagai strategi paling efektif untuk mendapatkan customer  yang loyal. Sebenarnya apa sih content marketing itu? 

Secara sederhana, content marketing merupakan sebuah strategi yang menggunakan konten untuk  tujuan pemasaran.

 

“Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan  mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian  mendorong mereka menjadi customer” 

Jadi ada 2 tujuan dari content marketing: 

1. Menarik audiens baru 

2. Mengajak potential customer menjadi customer 

Demand Metric, sebuah marketing advisory firm, melakukan sebuah survey yang hasilnya  menunjukkan seberapa efektif content marketing itu. Beberapa hasilnya sebagai berikut. “72% responden merasa memiliki relationship dan koneksi dengan brand karena content yang  dibuat oleh brand tersebut” – Demand Matric

Jisoo – Social Media Analyst Intern 

“82% responden merasa memiliki pengamalam dan opini yang positif melalui content mareting”  – Demand Matric 

Content marketing dianggap sebagai strategi marketing yang harus dilakukan karena konten  berbicara langsung kepada pelanggan Anda. Dengan adanya konten, Anda bisa meningkatkan  komunikasi antara merek dan klien, baik dalam hal yang Anda katakan dan seberapa kuat  dampaknya terhadap mereka.

 

Efektivitas Content Marketing 

1. Brand awareness 

Pelanggan merasa hubunga lebih dekat dan positif pada brand yang menghasilkan konten  khusus, sehingga membuat strategi konten menjadi alat yang berharga untuk memperkuat  hubungan dengan customer. Semakin bagus dan menarik konten yang dibuat, makan akan semakin  banyak orang yang mengingat brand yang kamu miliki. 

2. Memperluas target konsumen 

Platform digital memungkinkan kamu untuk bertemu dengan orang baru dari berbagai  penjuru dunia. Dengan konten yang memiliki nilai dapat menarik berbagai orang diluar sana.  Perkenalan brand kamu melalui content marketing yang bagus akan membantu menarik pelanggan  baru yang tidak bisa digapai dengan menggunakan marketing tradisional. 

3. Membangun loyalty 

Konten yang menarik akan membawa customer untuk Kembali setelah melakukan pembelian  terhadap produk dari bisnis kamu. Hal ini membuat brand kamu lebih bermanfaat dan memiliki  value di mata customer. Ini akan membantu anda untuk menghasilkan pembelian berulang. 4. Konversi pelanggan 

Content marketing bisa mendatangkan traffic dalam jumlah banyak. Selain mendatangkan trafik,  content marketing juga bisa berfungsi untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan 

Jenis Content Marketing 

1. Blog 

Blog merupakan bentuk paling fundamental dan paling penting dalam content marketing. Blog  memungkinkan kamu untuk menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam satu artikel. Selain itu, konten blog merupakan investasi jangka panjang karena tingkat ketahanan yang paling  tinggi dibanding jenis konten lainnya. 

2. E-book 

Terkadang kamu membutuhkan medium yang lebih panjang lagi dari artikel blog, kamu bisa  memanfaatkan ebook.  

3. Video 

Video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di blog.  Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di blog, semakin bagus pula nilai di Google 4. Email 

Email juga termasuk bentuk content marketing yang populer. Efektivitas email untuk tujuan  marketing terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter. Bentuk  konten dalam email marketing bermacam-macam. Dari email promosi, email pengingat shopping  cart, newsletter, sampai promosi ebook. 

5. Social Media 

Social media juga salah satu content marketing yang ga kalah popular. Hal ini dikenal dengan  social media marketing. Pada prakteknya, penggunaan social media marketing biasanya digunakan  bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya seperti penggunaan blog, email dan lainnya.  Karena platform media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda  merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.

Strategi Content Marketing 

1. Tentukan tujuan marketing 

Kamu harus menjawab pertanyaan : apa tujuan yang ini dicapai dengan melakukan content  marketing? 

2. Research buyer persona 

Kamu harus mengetahui target audience kamu, atau yang biasa dikenal sebagai buyer persona.  Dengan mengetahui target audience, kamu bisa membuat konten yang lebih relevan dan menarik  bagi para audience agar nantinya mereka mau membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tanpa mengetahui siapa target audiens, apa yang mereka butuhkan, dan dimana mereka biasa  berkumpul akan mustahil bagi Anda untuk memiliki kesempatan menciptakan konten yang benar-benar mendidik, menghibur, dan mengubahnya pola pikir audiens. Pastikan konten yang Anda  buat haruslah mampu mendefinisikan target audiens Anda. 

3. Pikirkan ide – ide konten 

Berikut ini beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk membantu memulai ide konten: HubSpot  Website Grader, What To Write, Feedly, BuzzSumo, Content Forest, Blog Post Headline Analyzer,  dan lainnya. 

4. Tentukan jenis konten yang akan dibuat 

Jenis konten juga dapat mempengaruhi bagaimana konten kamu dapat menarik perhatian orang  banyak. Setelah kamu memikirkan topik-topik apa saja yang ingin dibahas, selanjutnya kamu perlu  memikirkan jenis konten apa yang ingin dibuat. 

5. Buat kalender editorial 

Kalender editorial akan sangat berguna untuk mengatur dan mengelola konten yang kamu miliki.  Kalender ini berisikan informasi yang dibutuhkan untuk memproduksi, emnyampaikan dan  mempromosikan rencana strategi konten. Kalender ini perlu menjawab dengan jelas siapa yang  bertanggung jawab, tujuan konten, format, kapan, mengapa dan hasil apa yang diharapkan. 

Content marketing adalah teknik marketing masa kini yang perlu diterapkan oleh pemilik bisnis  mana pun. Teknik marketing ini tidak hanya memiliki efektivitas tinggi untuk menarik konsumen,  tetapi juga dapat bertahan untuk jangka waktu yang panjang. 

Sumber: 

https://www.demandmetric.com/content/content-marketing-infographic 

http://panduanim.com/apa-itu-content-marketing/ 

https://www.dewaweb.com/blog/strategi-content-marketing-bisnis/ 

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-content-marketing/

saulo-mohana-D_kOW7iHNnw-unsplash.jpg